Tugas Pokok dan Fungsi

Keberadaan Inspektorat Provinsi Kalimantan Selatan dibentuk berdasarkan Peraturan Daerah Provinsi Kalimantan Selatan Nomor 6 Tahun 2008 tentang Pembentukan, Organisasi dan Tata Kerja Perangkat Daerah Provinsi Kalimantan Selatansebagaimana diubah dengan Peraturan Daerah Nomor 1 Tahun 2012 tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Provinsi Kalimantan Selatan Nomor 6 Tahun 2008 Tentang Pembentukan, Organisasi, dan Tata Kerja Perangkat Daerah Provinsi Kalimantan Selatan.

Tugas pokok dan fungsi Inspektorat Provinsi Kalimantan Selatan adalah adalah “melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan urusan pemerintahan di daerah provinsi, pelaksanaan pembinaan atas penyelenggaraan pemerintahan daerah kabupaten/kota, dan pelaksanaan urusan pemerintahan di daerah kabupatan/kota.”

Pelaksanaan tugas pokok dan fungsi Inspektorat Provinsi selaku aparat pengawas intern pemerintah (APIP) berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 79 Tahun 2005 tentang Pedoman Pembinaan dan Pengawasan Penyelenggaraan Pemrintahan Daerah, dilakukan sesuai fungsi dan kewenangannya melalui :

  1. Pemeriksaan dalam rangka berakhirnya masa jabatan kepala daerah
  2. Pemeriksaan berkala atau sewaktu-waktu maupun pemeriksaan terpadu
  3. Pengujian terhadap laporan berkala dan/atau sewaktu-waktu dari unit/satuan kerja
  4. Pengusutan atas kebenaran laporan mengenai adanya indikasi terjadinya penyimpangan, korupsi, kolusi dan nepotisme
  5. Penilaian atas manfaat dan keberhasilan kebijakan, pelaksanaan program dan kegiatan dan
  6. Monitoring dan evaluasi pelaksanaan urusan pemerintahan di daerah.

Berdasarkan Kebijakan Pembinaan dan Pengawasan Atas Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah Tahun 2015, Inspektorat Provinsi melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap :

  1. Peningkatan kinerja SKPD/Unit Kerja lingkup Pemerintah Provinsi
  2. Pelaksanaan urusan pemerintahan di daerah kabupaten/kota di wilayahnya dan
  3. Percepatan menuju good governance, clean goverment, dan pelayanan publik pada pemerintahan provinsi dan Kegiatan penunjang pembinaan dan lainnya.

Inspektorat Provinsi Kalimantan Selatan dipimpin oleh Inspektur Provinsi, dengan struktur organisasi terdiri dari :

  1. Sekretariat, terdiri dari :
    • Sub Bagian Perencanaan dan Keuangan
    • Sub Bagian Evaluasi dan Pelaporan dan
    • Sub Bagian Umum dan Kepegawaian.
  2. Inspektur Pembantu, terdiri dari :
    • Inspektur Pembantu Wilayah I
    • Inspektur Pembantu Wilayah II
    • Inspektur Pembantu Wilayah III dan
    • Inspektur Pembantu Wilayah IV.
  3. Kelompok Jabatan Fungsional.

Tugas dan fungsi unsur-unsur organisasi Inspektorat Provinsi Kalimantan Selatan berdasarkan Peraturan Gubernur Nomor 075 Tahun 2013 Tentang Uraian Tugas Unsur-Unsur Organisasi Inspektorat Provinsi Kalimantan Selatan adalah sebagai berikut :

  1. Uraian Tugas Inspektorat :
    1. Merencanakan dan menetapkan program pengawasan sesuai dengan kebijakan yang ditetapkan oleh gubernur berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku
    2. Merumuskan kebijakan dan memfasilitasi pengawasan penyelenggaraan pemerintahan
    3. Merumuskan kebijakan dan memfasilitasi pengawasan penyelenggaraan pembangunan
    4. Merumuskan kebijakan dan memfasilitasi pengawasan penyelenggaraan pembinaan kemasyarakatan
    5. Melaksanakan pembinaan, pengawasan, monitoring dan evaluasi penyelenggaraan pemerintahan kabupaten dan kota
    6. Melaksanakan pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan urusan pemerintah provinsi dan kabupaten/kota
    7. Melaksanakan pemeriksaan, pengusutan, pengujian dan penilaian tugas pengawasan
    8. Melaksanakan reviu laporan keuangan dan evaluasi kinerja pemerintah daerah
    9. Mengendalikan pengelolaan kegiatan kesekretariatan dan
    10. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Gubernur sesuai dengan bidang tugas dan tanggungjawabnya.
  2. Inspektorat Menyelenggarakan Fungsi :
    1. Perencanaan program pengawasan sesuai dengan kebijakan yang ditetapkan oleh Gubernur berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku
    2. Perumusan kebijakan dan fasilitasi pengawasan penyelenggaraan pemerintahan
    3. Perumusan kebijakan dan fasilitasi pengawasan penyelenggaraan pembangunan
    4. Perumusan kebijakan dan fasilitasi pengawasan penyelenggaraan pembinaan kemasyarakatan
    5. Pembinaan, pengawasan, monitoring dan evaluasi penyelenggaraan pemerintah kabupaten/kota
    6. Pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan urusan pemerintah provinsi dan kabupaten/kota
    7. Pemeriksaan, pengusutan, pengujian dan penilaian tugas pengawasan
    8. Pelaksanaan reviu laporan keuangan dan evaluasi kinerja pemerintah daerah dan
    9. Pengelolaan kegiatan kesekretariatan.
  3. Uraian Tugas Sekretariat :
    1. Merumuskan program, mengkoordinasikan, membina, mengendalikan dan mengevaluasi kegiatan penyiapan bahan koordinasi dan pengendalian rencana dan program kerja pengawasan
    2. Merumuskan program, mengkoordinasikan, membina, mengendalikan dan mengevaluasi kegiatan penghimpunan, pengelolaan, penilaian dan penyimpanan laporan hasil pengawasan aparat pengawasan fungsional dan pejabat pengawas pemerintah
    3. Merumuskan program, mengkoordinasikan, membina, mengendalikan dan mengevaluasi kegiatan penyusunan bahan dan data dalam rangka pembinaan teknis fungsional dan pembinaan administrasi pengawasan di daerah
    4. Merumuskan program, mengkoordinasikan, membina, mengendalikan dan mengevaluasi kegiatan penyusunan, inventarisasi, koordinasi dan analisis data dan laporan dalam rangka penatausahaan proses penanganan pengaduan
    5. Merumuskan program, mengkoordinasikan, membina, mengendalikan dan mengevaluasi pengelolaan urusan kepegawaian
    6. Merumuskan program, mengkoordinasikan, membina, mengendalikan dan mengevaluasi kegiatan penyusunan rencana anggaran, penatausahaan dan laporan pertanggungjawaban keuangan
    7. Merumuskan program, mengkoordinasikan, membina, mengendalikan dan mengevaluasi pengelolaan urusan surat-menyurat, rumah tangga dan perlengkapan serta hubungan masyarakat dan keprotokolan dan
    8. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh inspektur sesuai bidang tugas dan tanggungjawabnya
  4. Sekretariat Mempunyai Fungsi :
    1. Penyiapan bahan koordinasi dan pengendalian rencana dan program kerja pengawasan serta penyusunan rencana anggaran, penatausahaan dan laporan pertanggungjawaban keuangan
    2. Penghimpunan, pengelolaan, penilaian dan penyimpanan laporan hasil pengawasan aparat pengawasan fungsional daerah dan pejabat pengawas pemerintah
    3. Penyusunan bahan data dalam rangka pembinaan teknis fungsional dan pembinaan administrasi pengawasan di daerah
    4. Penyusunan, penginventarisasian, pengoordinasian dan analisasi, evaluasi data dan pelaporan serta penatausahaan proses penanganan pengaduan dan
    5. Pengelolaan urusan surat menyurat, rumah tangga, dan perlengkapan, administrasi kepegawaian
  5. Uraian Tugas Sub Bagian Perencanaan dan Keuangan :
    1. Menyiapkan bahan dan menyusun rencana kegiatan penyiapan bahan penyusunan rencana dan program kerja serta pengelolaan urusan keuangan
    2. Mengumpulkan, mengolah, menganalisa dan menyajikan data dan informasi pengawasan
    3. Menyiapakan bahan, menyusun dan melaksanakan rencana dan program kerja serta fasilitasi dan kerjasama pengawasan
    4. Melaksanakan pemantauan dan pengendalian pelaksanaan program kerja pengawasan
    5. Menghimpun, menginventarisasi, menyipakan bahan dan menyusun rancanagn peraturan perundang-undangan di bidang pengawasan
    6. Menyiapakan bahan dan menyusun dokumentasi, statistik realisasi program kerja pengawasan, dan statistik pengawasan di daerah
    7. Menyiapakan dan melaksanakan kerjasama penyusunan rencana anggaran program/kegaiatan
    8. Menyiapkan bahan dan mengolah penyusunan rencana kerja dan anggaran sampai menjadi Dokumen Pelaksanaan Anggaran
    9. Menyiapakan ususlan pejabat pengelolaan keuangan
    10. Melaksanakan pengelolaan penatausahaan keuangan
    11. Melaksanakan evaluasi realisasi anggaran dan menyusun laporan pertanggungjawaban keuangan
    12. Menyiapakan bahan dan melaksanakan kerjasama penyusunan bahan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Gubernur/Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah Tahunan dan Lima Tahunan, Laporan Akuntabilitas Kinerja dan Laporan Tahunan Inspektorat dan
    13. Melaksanakan tugas lain sesuai bidang tugas dan tanggungjawabanya.
  6. Uraian Tugas Sub Bagian Evaluasi dan Pelaporan :
    1. Menyiapakan bahan dan menyusun rencana kegiatan evaluasi laporan hasil pengawasan dan penyusunan laporan kegiatan pengawasan
    2. Melaksanakan inventarisasi hasil pengawasan dan tindak lanjut hasil pengawasan
    3. Menghimpun, mengolah, dan menyajikan data laporan hasil pengawasan dan tindak lanjut hasil pengawasan
    4. Melaksanakan analisis dan evaluasi laporan hasil pengawasan dan tindak lanjutnya
    5. Mengadministrasikan dan merekapitulasi penanganan kasusserta melaksanakan administrasi pengaduan masyarakat dan hasil tindak lanjutnya
    6. Menyiapakan bahan dan melaksanakan pemutakhiran data serta penyusunan laporan hasil pemutakhiran data dari pengawasan
    7. Melaksanakan pemantauan dan menyiapakan bahan perkembangan tindak lanjut hasil pengawasan kepada instansi terkait secara berkala
    8. Menyiapkan bahan dan melaksanakan kerjasama dengan unit kerja/instansi terkait dalam rangka penyelesaian tindak lanjut hasil pengawasan
    9. Menyusun statistik perkembangan dan tindak lanjut hasil pengawasan dan
    10. Melaksanakan tugas lain sesuai bidang tugas dan tanggungjawabnya.
  7. Uraian Tugas Sub Bagian Umum dan Kepegawaian :
    1. Menyiapkan bahan dan menyusun rencana kegiatan pengelolaa ketatausahaan, rumah tangga dan perlengkapan, administrasi kepegawaian, organisasi dan ketatalaksanaan, hubungan masyarakat dan keprotokolan
    2. Melaksanakan surat menyurat, pengetikan, penggandaan, pencetakan, dan ekspedisi
    3. Melaksanakan pemilahan, pemberkasan, penyimpangan, pemeliharaan, akuisisi arsip, pengiriman, penetapan jadwal retensi dan penghapusan arsip
    4. Menyiapkan bahan dan melaksanakan pelayanan administrasi perjalan dinas
    5. Menyiapkan bahan dan menyususn Rencana Kebutuhan Barang Unit dan Rencana Tahunan Barang Unit
    6. Melaksanakan pelayanan dan penyiapan akomodasi tamu
    7. Melaksanakan pengelolaan keamanan dan kebersihan lingkungan kantor serta mengatur perparkiran
    8. Melaksanakan urursan pengadaan, penyimpanan, pemeliharaan, inventarisasi, distribusi dan penghapusan barang inventaris
    9. Menyiapkan bahan penyusunan rencana kebutuhan pegawai (bezetting formative)
    10. Menyiapkan bahan dan memproses mutasi kepegawaian meliputi mutasi jabatan, mutasi kepangkatan, mutasi gaji dan pemberhentian serta pensiun pegawai
    11. Menyiapkan bahan pembinaan pegawai meliputi pembinaan kedisiplinan, pengawasan melekat, peningkatan kesejahteraan, pendidikan dan pelatihan, pemberian penghargaan dan sanksi kepegawaian
    12. Menyiapkan bahan dan melaksanakan penyusunan Daftar Urut Kepangkatan, dan mengelola dokumentasi/berkas kepegawaianserta mengolah data dan menyajikan informasi kepegawaian
    13. Menyiapkan bahan dan melaksanakan evaluasi kinerja individual kepegawaian dan pembinaan jiwa korp dan kode etik kepegawaian
    14. Menyiapakan bahan dan melaksanakan evaluasi efektivitas organisasi dan ketatalaksanaan dan pengelolaan perpustakaan
    15. Menyiapakan bahan dan mengelola hubungan masyarakat dan keprotokolan dan
    16. Melaksanakan tugas lain sesuai bidang tugas dan tanggungjawabnya.
  8. Uraian Tugas Inspektur Pembantu :
    1. Merumuskan program, membina, mengkoordinasikan, mengatur, mengendalikan, dan mengevaluasi penyusunan dan pengusulan program pengawasan tahunan di wilayah kerjanya
    2. Merumuskan program, membina, mengkoordinasikan, mengatur, mengendalikan dan mengevaluasi penyiapan dan pembuatan Program Kerja Pengawasan (PKP) pelaksanaan pemeriksaan
    3. Merumuskan program, membina, mengkoordinasikan, mengatur, mengendalikan dan mengevaluasi pengawasan terhadap penyelenggaraan pemerintahan daerah
    4. Merumuskan program, membina, mengkoordinasikan, mengatur, mengendalikan dan mengevaluasi pengawasan terhadap penyelenggaraan pembangunan daerah
    5. Merumuskan program, membina, mengkoordinasikan, mengatur, mengendalikan dan mengevaluasi pengawasan terhadap penyelenggaraan pembinaan dan pelayanan masyarakat
    6. Merumuskan program, membina, mengkoordinasikan, mengatur, mengendalikan dan mengevaluasi pengawasan terhadap penyelenggaraan urusan pemerintahan daerah
    7. Merumuskan program, membina, mengkoordinasikan, mengatur, mengendalikan dan mengevaluasi pengawasan pelaksanaan pembinaan penyelenggaraan pemerintahan daerah kabupaten dan kota
    8. Merumuskan program, membina, mengkoordinasikan, mengatur, mengendalikan dan mengevaluasi pengawasan penyelenggaraan urusan pemerintahan daerah kabupaten dan kota
    9. Merumuskan program, membina, mengkoordinasikan, mengatur, mengendalikan dan mengevaluasi kegiatan pemeriksaan, pengusutan dan pengujian
    10. Merumuskan program, membina, mengkoordinasikan, mengatur,mengendalikan dan mengevaluasi kegiatan penilaian hasil pengawasan
    11. Merumuskan program, membina, mengkoordinasikan, mengatur, mengendalikan dan mengevaluasi penyusunan laporan hasil pemeriksaan
    12. Mengkoordinasikan, mengatur, dan mengendalikan kegiatan Auditor dan Pengawas Penyelenggaraan Urusan Pemerintahan Daerah dan
    13. Melaksanakan tugas lain sesuai bidang tugas dan tanggungjawabnya.
©2017 Inspektorat Provinsi KalSel. All Rights Reserved. Designed By MQ