Sejumlah provinsi, kabupaten dan kota yang termasuk pada Wilayah II, dari tatanan Kementrian Pedayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi meperoleh Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Award Tahun 2018.

Pada acara penyerahan SAKIP Award tersebut, Provinsi Kalsel dan Provinsi Jawa Timur memperoleh predikat A.

Penyerahan penghargaan diberikan langsung oleh Menpan RB, Drs Syarifuddin pada acara Penyerahan Laporan Hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LHE AKIP) tahun 2018 yang digelar di Golden Tulip, Banjarmasin, Rabu (6/2/2019).

Secara keseluruhan, ada sekitar 151 Pemda di Wilayah II yang mendapatkan penghargaan tersebut. Dimana tujuh Pemda memperoleh predikat A, dan 21 Pemda mendapatkan predikat BB.

70 Pemda berpredikat B dan 19 Pemda masih berada pada peringkat C.

Tujuh pemda peraih predikat A, yakni Pemprov Jawa Timur dan Kalimantan Selatan, Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Gresik, Kabupaten Lamongan, Kabupaten Sidoarjo dan Kabupaten Ngawi.

Provinsi Kalsel, Gresik, Lamongan, Sidoarjo dan Ngawi merupakan pendatang abu peraih predikat A, Sedangkan Pemprov Jatim dan Kabupaten Banyuwangi berhasil mempertahankan predikat A.

Sementara itu, pemerintah daerah yang mendapatkan predikat BB yakni Provinsi DKI Jakarta, Bali, dan Kalimantan Timur.

Sedangkan untuk kabupaten kota meliputi Kabupaten Badung, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Tulungagung, Kota Blitar, Kabupaten Trenggalek, Kabupaten Situbondo, Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Malang, Kota Kediri, Kota Probolinggo, Kabupaten Bondowoso, Kabupaten Probolinggo, Kota Malang, Kota Surabaya, Kabupaten Madiun, Kota Pontianak, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, serta Kota Banjarmasin.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Syafruddin mengapresiasi upaya dan perjuangan para Gubernur, Bupati dan Walikota dalam menerapkan SAKIP di instansi pemerintahnya.

sumber: http://banjarmasin.tribunnews.com/2019/02/06/menpan-rb-berikan-sakip-award-2018-ini-sejumlah-daerah-yang-dapat-penghargaan